Senin, 20 Oktober 2008

Air RO (Reveses Osmosis)



Suara pembaruan Sabtu, 14 April 2001:

SEHAT DENGAN AIR PUTIH
Meminum air putih yang cukup pada pagi hari, sebelum atau sesudah sarapan pagi, amat bagus untuk kesehatan tubuh. Setidaknya Anda yang ingin hidup sehat, harus meminum segelas air putih sebelum sikat gigi di pagi hari. Sebab, ludah basi yang terdapat di dalam mulut mengandung banyak enzim yang sangat bagus untuk pencernaan makanan yang disebut enzim amilase, yaitu suatu enzim yang dapat memecahkan karbohidrat pati.
Anjuran ini mengemuka pada saat Pembaruan berbincang-bincang dengan Ahli Gizi Masyarakat Dr. Clara M. Kusharto, di RS UKI Jakarta, Selasa (10/4)
“Sebaiknya, minum air putih itu setelah bangun pagi, jangan sikat gigi dulu supaya air ludah yang mengandung enzim amilase itu, tidak hilang.” Ujar ahli gizi yang juga Ketua Kelompok Kerja bidang Pangan, Gizi dan Kesehatan Masyarakat (Pokja PGKM) Institut Pertanian Bogor ini.
Air putih, yang merupakan zat gizi utama selain karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral, sangat baik untuk membantu upaya penurunan berat badan atau bagi orang yang teringah melakukan diet. Sebab, air putih mampu memberikan rasa kenyang, sehingga dapat menahan keinginan untuk makan. Air putih memiliki sifat sebagai pelarut yang membantu reaksi kimiawi di dalam tubuh.
Kelebihan lain yang dimiliki oleh air putih sehingga dianjurkan bagi orang yang tengah melakukan diet atau ingin menurunkan berat badan adalah air putih tidak mengandung lemak ataupun koresterol. Air putih secara alami tidak mengandung kalori, juga secara alami memiliki kadar sodium yang rendah.
Sebaiknya, untuk yang melakukan diet harus meminum air putih minimal 8 gelas per hari. Sedangkan untuk orang yang tidak melakukan diet, sebaiknya mengkonsumsi air putih sebanyak 6 hingga 8 gelas per hari. “Lebih banyak lagi, memang lebih bagus,” ujar Clara.

Khasiat lain yang dimiliki air putih adalah dapat mengatur temperatur tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh.
Otak yang juga memiliki fungsi sebagai pusat haus (hopothalamus) secara otomatis akan menstimulasi tubuh jika kekurangan cairan. “Dengan begitu, Anda harus meminum air putih sebanyak mungkin, minimal 6 gelas per hari, “ tandasnya.
Selain itu, air putih membantu mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yang tidak terpakai di dalam tubuh, yang akan dikeluarkan melalui alat-alat pengeluaran di dalam tubuh seperti ginjal, usus, kulit melalui keringat, paru-paru, dan urine.
Air juga penting untuk memetabolisme lemak yang masuk tubuh manusia. Di samping itu, tubuh orang dewasa mengandung air sebesar 65 persen. Jumlah ini harus terjaga agar metabolisme tubuh bisa berjalan lancar.
“Dengan meminum air putih yang banyak dapat membantu mencegah penyakit, seperti penyakit ginjal, diabetes, demam, dan sangat bagus untuk kulit, “ tutur Clara.
Minum air putih yang cukup juga sangat menolong tubuh manusia untuk memproduksi kolesterol baik (HDL). HDL ini akan membuang koresterol buruk yaitu lipoprotein berkepadatan rendah (LDL) yang dapat mengakibatkan sakit jantung serta kanker, kemudian membuangnya ke usus, organ pengeluaran metabolisme yang tidak terpakai di dalam tubuh, sehingga dapat keluar melalu tinja manusia.
Selain itu, air putih yang akan diminum baik juga bila dijemur di bawah sinar matahari pagi antara jam 6 hingga jam 9 pagi, dengan ditempatkan pada suatu wadah yang tertutup supaya tidak masuk debu.


Kutipan diatas kita yakini bersama kebenarannya, yang menjadi pertanyaan bagaimana dizaman yang serba sulit air ini Anda mendapatkan air minum yang berkualitas yang memenuhi syarat kesehatan? salah satunya kami menawarkan solusinya yaitu memproses air minum dengan RO (Reverse Osmosis).

Apa Itu air RO ?
salah satu air RO adalah Air Minum "MECIHO plus" merupakan salah satu merek dagang dari CV.Bayos yang diproduksi dengan sistem Reverse Osmosis.

REVERSE OSMOSIS (RO):
Adalah suatu teknologi pemurnian air yang paling modern, yang menggunakan semipermeable membran, yang sangat efektif, ekonomis dan mudah pemeliharaannya.
Mampu membersihkan air hingga 90-99% dari segala macam pencemar yang terkandung di dalam air sehingga menghasilkan air yang bersih dan murni.


OSMOSIS:
Adalah suatu proses alami dimana 2 macam larutan yang berbeda kepekatan/ konsentrasinya dipisahkan oleh sebuah membran semipermeabel, sehingga larutan yang lebih rendah kepekatannya akan bergerak menembus membran semipermeabel menuju cairan yang lebih tinggi kepekatannya sampai terjadi keseimbangan kepekatan/ klonsentrasi.

REVERSE OSMOSIS:
Osmosis balik, adalah penerapan tekanan pada sisi larutan yang mempunyai kepekatan/ konsentrasi tinggi, sehingga larutan mengalir dari yang lebih tinggi kepekatannya menuju larutan yang lebih rendah kepekatannya sampai terjadi keseimbangan kepekatan/ klonsentrasi.

Membrane RO:
Membrane Reverse Osmosis Meciho menghasilkan air murni 99%. Diameter membrane lebih kecil dari 0.0001 mikron (500.000 kali lebih kecil dari sehelai rambut).

Bagaimana memproses air baku sampai menjadi air murni sampai 99% yang siap jual sebagai AMDK (Air Minum Dalam Kemasan)?

  1. Proses pada Water Treatmen
  2. Proses RO
  3. Proses Ozonisasi
  4. Proses penyinaran (UV)
  5. Proses Filling (pengisian):
  • Galon (19 Liter)
  • Botol (500 ml dan 1000 ml)
  • Cup (240 ml)

Untuk lebih lengkapnya kami akan menjelaskan pada posting-posting kami berikutnya

Note :
Apabila Anda berminat untuk mendirikan industri AMDK dapat menghubungi :

CV. Bayos

Jl. Raya Kranggan No.1 Kavling Palm C-18

Jatisampurna - Bekasi

Telp. 021-84597994

email : meciho@telkom.net


Tidak ada komentar: